Review Retinol Serum, Hydrating Primer Toner, dan Moisturizer Cream dari Airnderm


 Hallo, teman-teman, Assalamualaikum apa kabar? Semoga teman-teman semua dalam keadaan sehat, aamiin. Aku mau tanya nih, siapa yang suka ke klinik kecantikan untuk perawatan wajah/facial? Terus semenjak pandemi tahun 2020 kalian masih sering ke klinik kecantikan gak? Suka bingung sendiri gak sih mau ke datang ke klinik tapi takut terpapar virus covid-19, hmmm gimana?? Okeeyy aku punya jawaban dan solusinya!

Jadi, bulan April 2021 kemaren aku coba nih cek sosial media klinik Airnderm, yang setau aku skin clinic nya itu tersebar di daerah Bandung, di Jakarta dan Bekasi juga sudah ada.. nah, aku kan anak rumahan banget yah, males keluar rumah dan lagi pandemi juga, cobalah aku untuk konsultasi dengan Airiderm secara online, dan aku langsung ditanya-tanya jenis kulit, masalah kulit, sampai alergi kandungan skincare pokoknya ditanya detail, sampai diminta foto wajah kita juga. Dan diakhir aku direkomendasikan memakai 3 produk Airnderm.

Buat yang belum tau Airnderm itu brand lokal yang sudah ada sejak 2012, Airnderm ini memiliki clink yang bisa kita datangi untuk berkonsultasi tentang masalah kulit, dan Airndem juga mengeluarkan produk skincare (OTC) yang bisa kita beli tanpa harus datang ke klinik, atau bisa juga dengan cara konsultasi secara online, seperti ceritaku di atas. 3 produk Airderm yang aku pakai itu ada Retinol Serum, Hydrating Primer Toner, dan Moisturizer Cream. Yuuuk, langsung aja mau aku bahas satu per satu.

Airnderm Retinol Serum

Untuk Retinol serum dari Airndem ini mengandung bahan aktif retino yang dapat meningkatkan produksi kolagen & regenerasi kulit, mencegah penuaan dini, mencegah timbulnya jerawat, mencerahkan dan meratakan warna kulit.

Kandungan utama serum ini adalah:

-      Retinol, bahan anti-aging yang mampu memperbaiki tekstur kulit, mengurangi garih halus dan keriput, mengencangkan kulit, dan mampu juga untuk mengurangi timbulnya jerawat.

-     Acetyl hexapeptide-8 untuk mengurangi pembentukkan keriput yang disebabkan oleh gerakan otot wajah.

-          Sodium hyalurunate membantu menahan kadar air dalam kulit dan menjadikan kulit elastis.

Ingredient: Aqua, Propanediol, Glycerin, Acetyl Hexapeptide-8, Caprylyl Glycol, Sodium Hyaluronate, Phenoxyethanol, Lecithin, Polysorbate 20, Retinol, Ethylhexylglycerin, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/VP Copolymer, Disodium EDTA, Xanthan Gum.     

Bisa dilihat list ingredient retinol serum ini simple, dengan minimal ingredients dan gak banyak kandungan yang bersifat mengiritasi, retinol yang digunakan adalah 1.5% BTS Retinol atau yang biasa disebut encapsulated retinol yang membuatnya lebih stabil dan gak mudah ter-oxidise. Selain itu tujuannya juga untuk meminimalisir efek samping dari retinol yang biasanya akan bikin kulit sesitized, kering dan iritasi. Kalau di breakdown lagi kansungan retinolnya sendiri adalah 0.015%.

Kandungan untuk anti-aging pun serum ini menggunakan retinol dan argireline (cetyl hexapeptide-80) yang bersifat humectant yang membuat serum ini terasa lembab saat di kulit.

Packaging Retinol Serum

Retinol serum ini dikemas dalam botol kaca berbahan tebal dan kokoh dengan warna botol putih, menggunakan aplikator pipet seperti serum pada umumnya, dan terdapat stiker yang tertulis judul, cara pakai, list ingredient dan keterangan lainnya, untuk isinya 20mL. Retinol serum ini juga dikemas dalam box bewarna putih dan pink senada dengan warna botolnya, warna khas Airnderm.

Untuk pipetnya ini cukup enak saat mengambil produk tapi sayang, kalau pipetnya ini gak sampai menyentuh bagian dasar botol, jadi pas produknya udah mau abis atau dikit lagi susah untuk diambil dengan pipet.

Texture and Scent Retinol Serum

Tekstur retinol serum Airndem ini gel bening yang saat menyentuk kulit teksturnya melt, mudah diratakan, mudah meresap, tidak meninggalkan rasa lengket, dan finishnya kulit terasa lebih lembab. Yang aku suka dari retinol serum ini adalah bisa dilayer dengan skincare apapun.

Untuk aromanya sendiri menurut aku retinol serum ini nggak memiliki aroma wangi apapun, kalau diliat dari ingedientsnya memang nggak ada penambahan pewangi apapun.

How to use Retinol Serum

Untuk penggunaanya aku pakai hanya di malam hari aja, 2 hari sekali atau 3x seminggu. Dan biasanya aku layer lagi dengan serum lainnya. Untuk pemula aku saranin pakainya 1-2x dalam seminggu atau bisa konsultasi online dengan Airnderm nya langsung. Gak lupa juga tiap pagi-siang aku apply sunscreen biar skincare yang aku pake gak sia-sia.

My thought

sudah sekitar 1 bulan aku menggunakan retinol serum ini, retinol serum ini menurut aku mild dan nyaman digunakan. karena serum ini mild jadi aku bisa layering dengan skincare apapun itu yang actives ingredients pun ku layer, dan nggak membuat kulitku jadi kering ataupun iritasi. Untuk layering aku kadang menggunakan toner AHA BHA dan alhamdulillah ngga ada reaksi negatif di kulitku. Malah menurutku kalau pakai skincare active tuh kandungan retinolnya jadi mudah masuk ke lapisan kulit dan bekerja maksimal.

Nah, selama aku pakai retinol serum ini aku bisanya ambil kesimpulan kalau Airnderm retinol serum ini gentle, cocok untuk pemula yang mau coba retinol dan cocok untuk kalian yang kulitnya sensitive. Buat kalian pemula retinol menurut aku gak perlu takut karena serum ini ingredientnya minim tanpa takut over exfoliating atau kulit ititasi. Kalau masih ragu, langsung aja tanya-tanya ke Airndermnya, ya.

Kali pertama aku pakai retinol serum ini alhamdulillah kulitku gak purging, gak ada reaksi negatif apapun. Yang aku suka dari serum ini tuh dia cukup hydrating, mungkin karena kandungan peptide dan sodium hyaluronic acid yang membuatnya mampu menghidrasi kulit. Gimana hasilnya di kulitku? Aku noticed hasil dari serum ini membuat kulit glowing tanpa rasa berminyak di t-zone, memperbaiki tekstur kulit, dan memudarkan bekas jerawat, mungkin kalau aku pakai serum ini secara bertahap bakal lebih terasa, apalagi kalau untuk yang fokus memperbaikin fine lines.

Buat yang mau coba Airnderm retinol serum ini bisa didapatkan dengan harga RP 125.000 dengan isi 20mL.

BPOM NA18202000196

Airnderm Hydrating Primer Toner


Siapa nih yang suka bingung cari hydrating toner yang melembabkan dan affordable? Kayaknya kalian harus masukin Airnderm Hydrating primer Toner ini kedalam wishlist kalian, hehe. Karena toner ini bener-bener basic hydrating toner dengan fungsi utama untuk melembabkan kulit, bisa diliat list ingredientsnya simple dan termasuk kandungan humectant. Toner ini cocok untuk semua kulit, yang memiliki masalah jerawat toner inipun bisa calming dan soothing kulit, serta mencerahkan dan anti-aging.

Klaim:

Airnderm hydrating primer toner berfungsi untuk memaksimalkan proses membersihkan wajah, mengembalikan ph kulit sekaligus mengidrasi dan melembabkan kulit, dengan kadungan utama:

-           Glycerin, melembabkan dan menjaga keseimbangan pH kulit.

-           Sodium hyaluronate, mengunci kadar air, menjaga elastisitas kulit, dan menghidrasi kulit.

-           Aloe vera, melembabkan, menangkan, dan menghidrasi kulit.

-           Ginseng root extract, menyeimbangkan kadar minyak,  dan meningkatkan produksi collagen.

Ingredients: Aqua, Propanediol, Glycerin, Sodium Hyaluronate, Phenoxyethanol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Propylene Glycol, Panax Ginseng Root Extract, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, Xanthan Gum.

Packaging Hydrating Primer Toner

Toner ini dikemas dalam botol plastik, tinggi dan ramping. Tutupnya ulir bewarna silver, dan dilengkapi tutup kecil yang menempel pada mulut botol, agar produk tidak mudah tumpah ataupun bocor. Saat digenggam toner ini cukup ringan dan compact dengan isi 100mL, tapi menurut aku kemasan seperti ini tidak travel friendly. Toner ini tidak dilengkapi box, jadi semua informasi produk sudah tertera di botol.

Texture and Scent Hydrating Primer Toner

Toner ini bening dan teksturnya gel runny alias cair, saat terkena kulit akan langsung berubah menjadi air, ringan, mudah meresap dan tidak ada rasa lengket sama sekali. Untuk aromanya itu menurut aku aroma yang samar-samar dan aromanya ini berasal dari ingredients yang digunakan.

How to use Hydrating Primer Toner

Menurut aku toner ini bisa dipakai distep manapun yang kita mau, kalau untuk pagi biasanya aku pakai sebagai cleansing toner (setelah bilas wajah dengan air) setelahnya aku pakai toner ini lagi dan lanjut skincare lain. Kadang juga aku pakai CSM atau kompres wajah menggunakan kapas, kulit langsung berasa adem. Dan step hydrating toner biasa.

My thought

Hydrating toner yang ringan dan nyaman banget dipakai, produk ini cocok buat yang lagi nyari hydrating toner yang lelmbabnya dapat tapi tetap ringan di kulit. Teksturnya yang gak terlalu kental jadi gak terasa lengket.

Dari pemakaian pertama kulitku langsung suka dan cocok dengan toner ini, karena kulitku mudah dehidrasi, toner ini sangat membantu menghidrasi kulitku dengan baik, kulit jadi halus karena toner ini memperbaiki tekstur kulit juga. Hydrating toner tuh gak pernah aku skip, selalu aku pakai pagi-malam, toner ini jadi penolong aku pas lagi pakai berbagai jenis actives.

Kadang kalau kulitku lagi bener-bener rewel dan dehidrasi aku suka pake hydrating toner ini sampai 10 layer, lembabnya super nampol, meresap sempurna dan gak ada rasa lengket sama sekali, kulit juga jadi dingin, kalau pagi cukup 1-2 layer aja. Hydrating toner ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan kelembaban kulit. Menurut aku Airnderm Hydrating Primer Toner ini masuk dalam basic toner, karena ingredientsnya gak macam-macam, untuk memperbaiki hidrasi kulit cukup dengan toner ini, dan juga kelembabanya nggak yang lebay gitu.

Buat yang mau coba toner ini bisa didapatkan dengan harga Rp 100.000 dengan isi 100mL

BPOM NA18201204315

Airnderm Moisturizer Cream

Cream yang kaya akan bahan aktif pelembab kulit tanpa membuat kulit berminyak berlebih. Membuat kulit akan selalu terjaga kelembabannya. Terkontrol kadar minyak dan kadar air nya agar selalu seimbang dan terhindar dari dehidrasi kulit. Moisturizer Cream by Airnderm digunakan di pagi, siang atau malam hari sesuai kebutuhan kulit. Mengandung Portulaca ekstrak, Bisabolol, Shea Butter dan Allantoin. Cocok untuk jenis kulit normal to dry, dan yang mudah dehidrasi.

Ingredients: Aqua, Dicaprylyl Carbonate, Propylene Glycol,  Caprylic/Capric Triglyceride, Dimethicone, Cetearyl Alcohol, Cetyl Alcohol, Panthenol, Butyrospermum Parkii, Dipropylene glycol, Saccharide Isomerate, Glyceryl Stearate, PEG-100 Stearate, Butylene Glycol, Sodium Palmitoyl Proline,  Cetearyl Glucoside, Allantoin, Tocopheryl Acetate, Phenoxyethanol, Argania spinosa Kernel Oil, Nymphaea Alba Flower Extract, Triethanolamine, Methylparaben, Bisabolol, Disodium EDTA,  Butylparaben, Ethylparaben, Propylparaben, Portulaca oleracea, Tocopherol.

 Packaging Moisturizer Cream

Dikemas dalam tube berbahan plastik dengan tutup ulir, dilengkapi seal di dalamnya dan ada spatula kecilnya juga. Tanpa box, jadi semua keterangan tentang produknya sudah tertera di tubenya.

Texture and Scent Moisturizer Cream

Teksturnya creamy lembut, ringan dan saat nyentuh kulit terasa langsung melt dan meresapnya juga cepat, gak ada rasa lengket dan gerah sama sekali. Untuk aromanya sendiri moisturizer cream ini gak ada bau sama sekali, jadi nyaman saat dipakai.


How to use Moisturizer Cream

Untuk pemakaiannya mudah, moist cream ini bisa dipakai pagi-siang-malam, kapan aja bisa karena moist cream Airnderm ini tanpa SPF. Kalau pagi/siang aku pakai sebelum sunscreen, kalau malam aku pakai di step terakhir, atau kadang sebelum facial oil.

My thought

Produk ini tuh bisa dipakai dalam keadaan apapun, moist yang mampu  memperbaiki skin barrier, sebagai penyeimbang kulit pas lagi pakai kandungan aktif, terus kalau lagi malas pake skincare yang ribet alias mau pake yang simple aja moist ini tuh udah cocok banget. Moisturizer cream ini dapat mengunci kelembaban dari skincare sebelumnya, dan saat bangun tidur kulit jadi lebih halus, kenyal, lembab glowing tapi gak berminyak, cakep. Kalau untuk dipakai sebelum sunscreen juga oke, gak pilling.

BPOM NA18170104019

Buat yang mau coba Airnderm moiturizer cream ini bisa didapatkan dengan harga RP 77.000 dengan isi 10g.

Ini foto before-after kulit aku, selama sebulan aku pakai 3 produk dari Airnderm, bisa diliat dagu aku yang merah merah dan ada bruntusan juga jadi lumayan mereda.  Buat yang penasaran sama produk-produknya Airnderm atau skin clinicnya bisa langsung klik Instagram Airnderm atau Web Airnderm

17 komentar

  1. liat tekstur retinol serumnya kliatan nyaman di kulitt

    ReplyDelete
  2. Skincare yg lagi heboh kayanya. Mau bgt coba essence-nya penasaran huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus cobain sih mbaaa.. hidratingnya nampol tapi tetep ringan di kulit juga

      Delete
  3. Hydrating Primer Tonernya selalu jadi staple skincare di aku. Selalu kerasa kurang kalo nggak pake ini di daily routine. No wonder soalnya teksturnya enak banget dan aku sudah pakai 3 tube.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bu bener karena dia teksturnya ringan jadi enak banget dipake tiap hari pagi malem tuh gak masalah, sesuka itu ya bu ampe udah pake 3 botol. hihiii

      Delete
  4. Saking banyaknya yg posting toner airnderm dan ngepraise banget, aku sampe penasaran dan pengen nyoba juga bun ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus cobain juga deh kak, tonernya enduuul trus affordable pulaakk

      Delete
  5. Prilllll... Aku naksir dan WL HT nya, tapi setelah baca ini aku kok jadi naksir Retinolnya ughaaaa :') buat yanv beginner dry dehydrated easy to sensitized kayaknya mayan nampol di aku :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeayyy asiiik retinolnya sih juaraaa kek pake hydrating serum >,<

      Delete
  6. kebetulan aku lagi pengen nyoba retinol serum, dan ini ternyata mild juga yaa bisa dilayer sama aha bha toner sebelumnyaa ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyaman banget deh retinol serumnya airin, awal pake juga gak bikin purging/iritasi

      Delete
  7. Cukup menarik si retinolnya tapi sayang aku lagi mau program (?) pakai prescription strength retinoids :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobanya pankapan ajaa.hihii, semangat untuk programnya, seoga lancaaarr <3

      Delete
  8. Hydrating tonernya sudah lama masuk wishlistku, kayaknya banyak yang suka jadi penasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang suka kak, bener.. aku juga keracun loh๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      Delete
  9. tonernya favorite aku banget bangetttt! semoga next bisa coba retinol mereka deh ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  10. Semoga cepet cobain retinolnyaa, ku juga masih banyak produk airin yang wishlist ๐Ÿ˜

    ReplyDelete